Minggu, 01 Agustus 2010

Papa's Favorite Snack: Pastel Goreng

Sudah lama sekali aku bermimpi punya sebuah Pasta Machine, sampai akhirnya aku kesampaian juga beli pasta machine baru. Merk sih aku belum terlalu peduli. Kebetulan ada teman yang kakaknya punya toko alat-alat rumah tangga. Kata beliau sih, ini pasta machine yang terbaik yang dia jual.

Akhirnya rencana bikin sendiri kudapan kesukaan papa terlaksana juga. Jadi lebih semangat lagi, ternyata didalam boksnya terdapat gift accessories yang isinya pemotong pasta kalau mau bikin ravioli, cetakan pastel, dan satu alat yang aku pengen banget punya juga, scrapper stainless... :-)hihihihi.... jadi nggak perlu beli deh...



Akhir pekan ini udah yakin banget nggak ada acara apa-apa karena papa pun lagi dinas keluar kota. Aku mau bikin pastel yang uenak banget. (menurut versiku lhoh...) Eh nggak taunya papa telpon mau pulang, yah tambah semangat bikin deh...

Dibantu dua asisten kecilku KTT dan DNN, aku coba juga bikin adonan kulitnya. KTT dan DNN seneng banget ganti-gantian muterin penggilingnya... hihihi jadi nggak capek kan...

Resep yang dipakai pastinya resep andalan dari NCC lah ya. Pernah dulu nyoba bikin tapi masih manual pakai rolling pin kayu gitu... wedew gempor juga rasanya lengan ini. Tapi dengan pasta machine ini, ayo aja mau bikin berapa banyak juga dijabanin... :P
Kendala saat ini adalah aku nggak punya sesuatu untuk mencetak yang berukuran diameter 10cm. Yang ada hanya sebuah stoples plastik kecil berdiameter kurang lebih 8.5cm. Ya sudahlah, dengan alat seadanya malah bisa jadi 35 pieces pastel goreng mini. Ya kalau untuk aku sih cukup 2 gigitan... hehehe mini banget ya...



So far, hasil yang kudapat sudah cukup memuaskan. Lain kali pasti aku akan bikin resep-resep yang pakai pasta machine... cheesestick, ravioli, sunpia.... hahaha sambil mikir resep yang lainnya... Adakah yang mau menyumbang resep?



Pastel Goreng
by: Fatmah Bahalwan, NCC

Bahan Kulit :
250 gr tepung terigu
40 gr margarin
100 cc air hangat kuku
tepung terigu untuk taburan
minyak untuk menggoreng

Isi :
3 sdm margarin, untuk menumis
4 bh bawang putih
10 btr bawang merah
150 gr daging ayam giling
75 gr wortel, potong dadu
75 gr buncis, iris 1/2 cm
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
100 cc susu cair
2 btg daun bawang, iris halus
3 btg seledri, iris halus
2 butir telur rebus, kupas, iris tipis.

Cara Membuat :
1. Isi : Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan daging ayam. Aduk rata.
2. Setelah berubah warna, masukkan wortel, buncis, garam, merica, gula. Tuangi susu, masak hingga matang. Masukkan daun bawang dan seledri. Aduk, angkat.
3. Campur semua bahan menjadi satu, uleni adonan hingga lembut dan dapat dibentuk.
Gilas adonan hingga setebal ± 1/4 cm di atas meja bertabur tepung terigu. Gara-gara pakai pasta machine aku keasikan giling sampai ketebalannya cuma 2 milimeter... :)
4. Cetak bentuk bundar bergaris tengah 10 cm. (Cetakan darurat cuma 8.5 cm)Isi dengan bahan isian, lalu bentuk biku-biku... halah biku-biku... pokoknya yang dicubit-cubit gitu, aku bisa juga gara-gara belajar bikin panada sama tetangga... :)

0 comments:

Posting Komentar