Kamis, 19 Agustus 2010

Breakfast Rendezvous @ My Tiny Kitchen


Cita-citaku yang belum kesampaian hingga saat ini adalah membuat proyek 365 hari mencoba resep-resep khusus. Baik gagal maupun berhasil. Alasannya klasik banget sih. Belum ada waktu. Tapi untuk mengobati rasa penasaranku, aku selalu sempatin coba paling tidak satu resep dalam satu minggu. Jadi aku tahu tingkat kesulitan setiap resep yang aku coba menurut kemampuanku. Resep-resep yang sudah kucoba selama ini bukanlah resep-resep yang rumit. Awalnya dimulai dari makanan favorit keluargaku. Secara aku bukan ahli memasak. Tapi dorongan kuat untuk menyenangkan orang-orang terkasih di sekitarku lewat makanan membuat aku akhirnya jatuh cinta dengan masak-memasak ini.


Akhir pekan ini kebetulan kami nggak ada acara jalan keluar. Jadi sambil ngobrol-ngobrol di dapur pagi-pagi, aku buat saja Buttermilk Pancake untuk sarapan. Pikirku wah sekalian aja nih aku foto-foto, mumpung ada sesuatu yang bisa dipakai buat garnish dan ada beberapa property baru yang mau aku pakai. Pas bikin pancake-nya ternyata aku ingat masih punya pisang raja yang masak. Wah harus cepet-cepet dimasak nih sebelum ketuaan. Menurut ibu mertuaku, pisang yang ketuaan kalau digoreng akan menyerap banyak minyak. Jadi aku goreng aja dan sesuai kesukaan keluarga, diatasnya aku taburi gula halus dan keju parut… Mmmmm bener-bener enak…..


Resep Buttermilk pancake ini hasil aku blogwalking, dan aku lupa nama blog-nya. Maaf ya kalau belum sempat nyamtumin blognya…


Buttermilk Pancake

Bahan:
250 ml buttermilk*
165 gr tepung terigu serbaguna
2 sdm gula pasir
2 sdt baking powder
¼ sdt garam
Tambahkan:
2 sdm mentega, dicairkan
1 btr telur, kocok lepas

Cara membuat:
  1. Campurkan bahan-bahan dalam mangkuk sambil diaduk dengan whisk sampai tercampur rata.
  2. Tuang mentega cair dan telur kedalam adonan, aduk rata selama kurang lebih 15 menit. Adonan agak kental.
  3. Panaskan wajan anti lengket, olesi sedikit mentega, tuang adonan kurang lebih 1-2 sendok sayur.
  4. Biarkan pancake sampai mengeluarkan gelembung-gelembung kecil dan permukaannya kering.
  5. Balik dan masak sampai kecoklatan, angkat.
  6. Pancake bisa disajikan dengan: 
  • Sirup maple/ sirup strawberry/ sirup coklat/ madu/ saus caramel.
  • Tambahkan potongan buah segar seperti strawberry, kiwi, atau buah kalengan.
  • Beberapa scoop es krim.
Beberapa tips:
Jika pancake kurang tebal, tambahkan 1-2 sdm terigu.
Jika terlalu tebal, tambahkan 1-2 sdm susu cair/ air.
*)Jika tidak ada buttermilk bisa diganti dengan campuran sebagai berikut: 250 ml susu cair ditambahkan dengan ½ sdm cuka makan. Diamkan selama 10 menit sampai susu menggumpal. Siap digunakan.

0 comments:

Posting Komentar