Minggu, 15 Agustus 2010

Kroket Kentang Isi Sayuran

Aku masih sedikit geregetan dengan event fotografi yang gagal kuikuti. Nggak tau kenapa fotoku yang udah kukirim pada alamat yang ditentukan nggak berhasil ke-upload. Sempet jadi males foto-foto lagi juga. Pas niat mau masuk dapur, nyoba-nyoba resep dan foto-foto lagi, tiba-tiba kena musibah. Kecelakaan sepeda motor yang kualami menyebabkan tulang selangka kananku patah. Jadi praktis sekitar dua bulan aku stop kegiatan yang berat-berat. Sedih banget rasanya. Tapi semua sudah berlalu dan kondisi tanganku pun berangsur membaik.

Sekarang sudah mulai lagi kembali ke aktifitas yang menyenangkan. Mulai ke dapur lagi, coba-coba resep lagi, dan banyak banget yang sudah aku lakukan. Dan ternyata sudah terkumpul banyak sekali pengalaman-pengalaman hebat (buatku) yang ingin kubagi buat semua.

Pertama nih, karena gagal upload foto di event, jadi lebih baik nih kalo aku upload aja di blog. Biar aku bisa shared juga hasil karyaku ke pembaca... (ciee... pembaca...) Dibawah ini nih foto yang udah sempet aku kirim ke event food photography.


Lumayan keren kan

Keterangan gambar:

Nikon D90, lensa fix 35mm, f 1/8, shutter speed 1/500

Berdasar foto ini, aku jadi pengin bikin lagi untuk keluarga di rumah. Tapi aku lupa kalau aku nggak ada stok daging asap. Jadi ya aku isi aja dengan ragout sayuran seperti isian pastel goreng tempo hari. Jadi resepnya nyomot sana-sini.


DNN suka banget jadi dibikinin lagi sekalian dia minta untuk bekal sekolah. Aku senang banget dia mau bawa bekal masakan mamanya, mengingat DNN termasuk ‘picky eater’.

Kroket Kentang Isi Sayuran

Modified by: Anom W. Handoko

Bahan:

250 gr kentang

25 gr susu bubuk

1 btr kuning telur

½ sdt garam

½ sdt merica bubuk

½ sdt margarin

Bahan Isi:

3 sdm margarin, untuk menumis
4 bh bawang putih
10 btr bawang merah
150 gr daging ayam giling
75 gr wortel, potong dadu
75 gr buncis, iris 1/2 cm
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
100 cc susu cair
2 btg daun bawang, iris halus
3 btg seledri, iris halus

Untuk memanir:

2 btr telur dikocok lepas
250 gr tepung panir

Cara membuatnya:
  1. Kupas kentang, kukus hingga matang. Panas-panas haluskan. (bisa dengan potato masher atau diuleg). Setelah halus, masukkan susu bubuk, garam, merica, margarin dan kuning telur, campur hingga rata.
  2. Isi: Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan daging ayam. Aduk rata. Setelah berubah warna, masukkan wortel, buncis, garam, merica, gula. Tuangi susu, masak hingga matang. Masukkan daun bawang dan seledri. Aduk, angkat.
  3. Ambil satu sendok makan adonan kentang, bulatkan, pipihkan beri isian 1 sendok teh. Bulatkan kembali. Lakukan demikian sampai adonan habis.
  4. Celupkan kroket kedalam telur kocok lalu gulingkan dalam tepung panir. Lakukan dua kali untuk kulit luar kroket yang lebih renyah.
  5. Goreng dalam minyak banyak hingga keemasan. Sajikan hangat bersama cabe rawit atau sambal botol.

Tips:

  • Sebaiknya kroket yang sudah dipanir dimasukkan ke dalam kulkas minimal 20 menit sebelum digoreng.
  • Biarkan sejenak dalam suhu ruang sebelum digoreng agar kroket tidak pecah.

0 comments:

Posting Komentar