Minggu, 15 Agustus 2010

Cornflakes Cookies

Sudah kebayang rasa legitnya kue kering dengan kepingan jagung didalamnya. Sudah lama sekali sejak aku pernah coba kue ini. Dan aku masih ingat rasa manis dan legitnya lumer di mulutku. Hmmm... nggak ada salahnya kan kalo kali ini aku coba.

Kebetulan di dapur ada persediaan cornflake. Biasanya aku selalu stok sereal untuk sarapan anak-anak. Tapi ternyata anak-anak nggak suka cornflake classic. Alasan mereka sih karena rasanya yang nggak manis. Padahal aku memang sengaja tidak memberi gula ke sereal mereka. Jadi daripada nggak kemakan, kubikin aja cookies, jadi ada kemungkinan anak-anak doyan.

Resep cookiesnya aku dapat dari buku karangan Yasa Boga dengan judul “Cookies, kue-kue kering klasik & modern”.
Buat newbie di bidang perkuehan kayak aku ini kadang masih suka salah menerjemahkan kalimat “kocok mentega, gula dan telur hingga lembut”, jadi deh aku kocok dengan speed agak tinggi sampai lembut banget. Makanya pas dipanggang kueku jadi mbeleber nggak karuan. Tapi untung sih rasanya masih OK. Maklum aja, aku belajar segala sesuatu secara otodidak. Guru-guruku adalah buku-buku dan internet… ;-)

Setelah matang dan kuangin-anginkan, jadilah dua toples cornflake cookies. Dan aku pun nggak bisa berhenti menikmatinya….



Cornflakes Cookies
By: Yasa Boga, Cookies, kue-kue kering klasik & modern

Bahan:
200 gr mentega/margarine
165 gr gula kastor
1 btr kuning telur
½ btr putih telur
½ sdt esens lemon/vanilla
¼ sdt garam
100 gr tepung terigu
100 gr sereal cornflake

Cara membuatnya:
- Kocok mentega, gula, telur, esens dan garam hingga lembut. Masukkan tepung terigu, aduk rata, masukkan cornflake, aduk rata.
- Dengan bantuan 2 sendok the, tuang dan tata adonan pada Loyang yang dioleh mentega/margarine,panggang dalam oven yang telah dipanaskan 120° Celcius selama ± 20 menit hingga kuning kecoklatan dan kering.

0 comments:

Posting Komentar