Minggu, 01 November 2009

Cupcake pertama.... hihihi....MBLUDAKKKK

Siang tadi cuaca panaaaassss banget. Meskipun semalam hujan disertai angin turun cukup deras, tapi tak cukup meredam panas cuaca panas saat ini. Tanah pekarangan pun mengering lagi.

Bosan? Tentu saja... Mau keluar rumah juga malas saking panasnya. Enaknya ngapain ya?

Rencananya, mau jalan sebentar sama KTT (my eldest daughter) ke pasar. Tapi rasanya masih males banget keluar kamar. Wah, udah kadung (terlanjur) bilang sama KTT mau ke pasar. Akibatnya dia mulai deh nanya-nanya terus. Ayo ma, jadi nggak ke pasarnya?

Wah daripada ribet urusannya, aku ajak aja KTT ke dapur, bikin Cupcake. Hasil browsing juga dari milis NCC dan blognya mbak Rina Rinso (salam kenal ya mbak...). Lhoh?!?! ternyata di belakang KTT, papa ikutan ke dapur, mereka berdua bantuin pasang cup kertas ke cetakan bolu kukus. Ini gara-gara loyang muffin isi 12-ku nggak muat di oven pinjeman...hehehehe....belum cukup duitnya buat beli oven sendiri.

Mulai timbang-timbang bahan nih sesuai resep:

Cupcake Dasar
by Rina Rinso

150 gr margarine
150 gr gula kastor (aku pakai gula pasir, nggak diblender pula...)
175 gr tepung terigu Segitiga
3 btr telur
1 sdt Baking Powder
1 sdt vanili

Cara membuat:
- Panaskan oven, siapkan loyang muffin isi 12 diberi cup kertas (oven gak muat, aku pakai cetakan bolu kukus diberi cup kertas dan ditaruh di loyang kue kering)
- Masukkan semua bahan dalam kom, mixer bersama kurang lebih 5 menit.
- Sendokkan adonan ke dalam cup kertas, jangan sampai penuh kurang lebih 2/3-nya.
- Panggang dalam oven 180 derajat Celcius selama 18-25 menit.

Pada saat ngocok adonan sih kayaknya feelingku bilang bakal berhasil. Adonan kelihatan kental dan bagus sekali. Aku tambah 2 sendok makan choco chip atas permintaan KTT. Aduk balik adonan dengan spatula. Habis itu aku sendokin adonan ke cup kertas yang udah disiapin KTT sama Papa. Maksud hati ngikutin resep yang bilang pas untuk 12 buah cupcake, lho kok adonannya masih sisa dikit. Jadi deh aku tambahin dikit-dikit ke setiap cup. Saatnya memanggang.... :)

Lima menit pertama, terlihat dari kaca oven cupcake-ku baik-baik aja. Sepuluh menit kemudian mulai ngembang dikit, wuiih cantiknya.... udah ngebayangin dekorasi cupcake seperti kepunyaan member NCC yang super duper canggih. Tapi...lhoh!!??!! lima menit kemudian kok masih ngembang terus, wah sempet panik nih saat Papa ngingetin, tuh mam, kuemu meledak.... alamak... what happen nih??? Bener juga kata Papa, cupcake-ku MBLUDAAAKKKKK..... aaaahhh tidaaaakkk.... mana belum ada tanda-tanda mateng di tengahnya... hiks hiks hiks... akhirnya aku tunggu lagi lebih lima menit dari waktu yang disarankan di resep. Akhirnya mateng juga.

Setelah aku keluarin dari oven dan dingin, aku coba belah satu cupcake. Asyiiikkk.... yang bikin aku seneng, biarpun mbludak bin mbleber cupcake-ku enggak bantet.... Masuk deh ke kategori sukses... Hiyaaaa ini mah bisa-bisaannya aku aja... Kayak gini nih tampangnya cupcake mbleber...


Ini tampangnya setelah dibelah... Lumayan cantik kan???


Tambah seneng lagi pas pada nyicipin, KTT bilang enak, bapakku bilang enak, ibuku juga bilang enak... tinggal Papa dan DNN yang belum nyicipin...lagi asyik main PS sih...

0 comments:

Posting Komentar